SISTEM INFORMASI KANTOR NOTARIS & PPAT
A. Latar Belakang
Salah satu kebutuhan yang sangat besar mengenai teknologi informasi sekarang ini adalah kebutuhan sistem informasi. Dengan fasilitas ini, maka memudahkan dan membantu mengatasi permasalahan-permasalahan aktifitas dan pekerjaan manusia. Dengan kata lain fasilitas ini dapat meningkatkan efektifitas dan efisien karena manfaatnya cukup besar.
Fasilitas yang membutuhkan sistem informasi salah satunya adalah kantor Notaris dan PPAT. Saat ini masyarakat sudah semakin kritis, dan membutuhkan sosok yang amanah, adil, dan mampu melindungi hak seseorang. Notaris dan PPAT merupakan jasa yang sangat membantu masyarakat yang berhubungan dengan benda tetap ataupun benda bergerak. Selain itu juga memudahkan para pengusaha kecil atau besar untuk pembuatan Akta Pendidirian.
Untuk melayani kebutuhan jasa dalam bidang hukum, meningkatkan efisien kerja dan menyelesaikan proyek tepat pada waktunya, tanpa adanya sistem informasi akan mengalami kesulitan dalam pengurutan, pengelompokan dan pencarian data-data.
Dengan latar belakang tersebut, penulis berharap dapat memberikan solusi tentang sistem informasi dibidang kenotariatan, yaitu “Analisis Sistem Pengolahan Data Klien (Studi Kasus Kantor Notaris dan PPAT)”. Dan menjadikan solusi tersebut memudahkan aktifitas dengan fasilitas-failitas yang diberikan.
Dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah:
1. Arsip data klien yang belum tertata sehingga menyulitkan dalam pencarian data-data tertentu.
2. Penyusunan laporan yang masih kurang valid karena arsip data yang kurang baik.
C. Batasan Masalah
Ditinjau dari luasnya permasalahan yang ada, maka penelitian ini memiliki batasan, antara lain :
a. Proses pengelolaan data klien notaris dan PPAT yang meliputi:
1. Data PPAT
2. Register
3. Surat bawah tangan yang didaftarkan
4. Surat bawah tangan yang disahkan
b. Proses pembuatan laporan setiap bulan notaris dan PPAT.
D. Input, Output, dan Data
1. Input
Inputan yang diperlukan dalam sistem informasi pada kantor notaris dan PPAT adalah :
a. Klien
Klien disini berfungsi sebagai inputan untuk memasukkan data identitasnya.
b. Admin
Admin merupakan inputan yang bertujuan untuk hak akses dalam menjalankan sistem informasi pada kantor notaris dan PPAT .
Admin merupakan inputan yang bertujuan untuk hak akses dalam menjalankan sistem informasi pada kantor notaris dan PPAT .
2. Output
Output disini berfungsi untuk dokumentasi dan bukti penting dalam sistem informasi pada kantor notaris dan PPAT, yang terdiri dari:
a. laporan
- Laporan data klien
3. Data
Data yang ada pada sistem informasi pada kantor notaris dan PPAT adalah :
a. Data klien
b. Data objek
c. Data Notariil
d. Data PPAT
e. Data Proses Notariil
f. Data proses PPAT
g. Data laporan
1 komentar:
bisa liat program & databasenya mba
kirim ke email alfan.zahra@yahoo.com
trimakasih..
Posting Komentar